Penerimaan Santri Baru

About
INFORMASI

MUKADDIMAH

Untuk memulai tahap pendaftaran calon santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah

Perlu kiranya membaca beberapa poin penting yang akan antum persiapkan untuk diselesaikan agar lebih mempersingkat waktu dalam prosesnya


TAHAP PENDAFTARAN

Poin-poin Pendaftaran yang akan ditemukan

Seluruh Wali Santri Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah telah terhubung melalui kanal Telegram.
  1. Jika antum hendak mendaftarkan anak antum untuk menjadi santri kami, antum perlu menyiapkan akun telegram dan terhubung dengan Bot Ponpes ATAZ yang nantinya Akun telegram inilah yang menjadi jembatan penghubung antara wali santri dan ponpes terkait informasi-informasi santri melalui beberapa prosedur mekanisme yang dijalankan oleh sistem.
  2. Pastikan antum telah menginstal aplikasi Telegram baik di smartphone Android, iOS atau Windows Phone. Bisa juga dengan Telegram for Desktop. apapun bisa asalkan akun Telegram
  3. Setelah Telegram berhasil aktif, cari Ponpes ATAZ atau @sasataz_bot
  4. Setelah Telegram berhasil aktif, cari Ponpes ATAZ atau @sasataz_bot
  5. Bot telegram Ponpes ATAZ akan dapat mengirimi pesan informasi jika antum sudah memilih MULAI, dan interaksi chat tidakk diblokir / dihapus. Pastikan bahwa Ponpes ATAZ selalu ada dalam daftar interaksi aktif akun telegram antum. Ketik pesan Daftar untuk memulai ke tahap Pendaftaran.
  6. Ponpes ATAZ akan mengirimkan sebuah pranala Daftar Santri Baru yang dapat antum gunakan untuk Booking Pendaftaran
Booking Registrasi adalah langkah awal untuk mendefinisikan data pendaftaran untuk mendapatkan Kode Registrasi Daring
  1. Tap / Klik Pranala Daftar Santri Baru. Maka, Telegram akan menampilkan popup aplikasi pendaftaran di Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah
  2. Pertama, antum harus mengisikan beberapa form isian sebagai syarat untuk booking pendaftaran, diantaranya :
    • Nama Lengkap, Mendefinisikan Nama Calon Santri
    • Jenis Kelamin, Mendefinisikan Apakah Calon Santri adalah Laki-laki atau Perempuan
    • Tempat & Tanggal Lahir, Mendefinisikan Tempat dan Tanggal Lahir calon santri
    • Ijazah Terakhir, Ijazah terakhir calon santri saat registrasi sebagai referensi pembukuan pendaftaran
    • Informasi Pindahan. Jika santri pindahan, antum harus memilih bahwa calon santri tersebut diharapkan berada di bangku/kelas apa, jika calon santri bukan pindahan dan normal lulusan SD/MI atau SMP/MTs maka pilih Bukan Pindahan
    • Nama Ayah Kandung, Mendefinisikan Nama Ayah Kandung dari calon santri
    • Nama Ibu Kandung, Mendefinisikan Nama Ibu Kandung dari calon santri
    • Wali, Mendefinisikan Nama Wali yang akan menyerahkan calon santri ke Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah, Wali bisa diisikan dengan Nama Ayah Kandung, Nama Ibu Kandung, Nama Paman, Saudara, Kerabat atau Seorang yang akan menjadi Wali dari Santri sebagai penerima informasi yang berkaitan tentang santri tersebut kedepannya
    • Hubungan wali ke Calon Santri, Mendefinisikan hubungan wali dari calon santri. Bisa diisikan dengan Ayah Kandung, Ibu Kandung, Paman, Ayah Tiri, Ibu Tiri, Kerabat, Tetangga dsb
    • Kontak Wali, Nomor telpon dari wali yang dapat dihubungi
  3. Klik tombol SIMPAN jika dirasa sudah sesuai
  4. Lanjut ke pembahasan tentang Pembayaran
Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah telah terintegrasi dengan Payment Gateway / Jasa Penyedia Transfer Pihak ketiga sehingga memungkinkan antum menyelesaikan Pembayaran secara daring
  1. Untuk melanjutkan proses pendaftaran, antum harus menyelesaikan transaksi sebesar Rp. 500.000 untuk Biaya Formulir
  2. Untuk melakukan pembayaran, antum dapat menggunakan 2 metode. Bayar langsung ke Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah secara luring atau secara daring dimanapun dan kapanpun antum berada
  3. Jika antum hendak melakukan pembayaran secara luring, saat berada di Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah, antum hanya perlu tap / klik tombol PERIKSA untuk mengetahui Nomor Pembayaran
  4. Jika antum hendak melakukan pembayaran secara daring, antum dapat memilih beberapa metode transaksi (setiap transaksi membebankan biaya tambahan berupa biaya Jasa dari merchant). Antum dapat melakukan pembayaran menggunakan metode :
    • Virtual Account dari Bank BCA, Mandiri, BRI, Permata, BNI, CIMB, Bank Danamon, Bank Sahabat Sampoerna, Maybank
    • Modern Retail seperti Indomaret atau Alfa Group (Alfamart / Alfamidi /Dan+Dan / Lawson)
    • Dompet digital masa kini seperti Gopay, ShopeePay, Dana, OVO, LinkAja dan mobile banking yang mendukung fitur QRIS
  5. Untuk transaksi daring. Setelah Invoice digenerate, antum memiliki batas waktu maksimal 1 jam untuk menyelesaikan transaksi. Jika transaksi tidak dilakukan melebihi waktu yang disediakan maka Invoice akan kadaluwarsa dan antum tidak dapat melanjutkan ke tahap pembayaran kecuali antum generate Invoice kembali.
  6. Jika transaksi telah dilakukan, antum akan menerima pesan di Telegram dari Ponpes ATAZ bahwa Dana Registrasi telah diterima dan antum dan Pranala Pendaftaran akan dikirimkan bersamaan dengan pemberitahuan tersebut
Formulir Pendaftaran harus diisi sesuai dengan informasi asli
  1. Formulir dapat diisi dengan bertahap
  2. Poin-poin yang akan dikirimkan di SAS terkait data statis santri meliputi :
    • Profil Calon Santri
    • Latar Pendidikan
    • Lingkungan Asal
    • Informasi Keluarga
    • Wali Santri
    • Survei
    • Informasi PIP
    • Daftar Prestasi
  3. isilah semua poin pada formulir secara benar
  4. Jika semua informasi sudah dirasa cukup, antum harus klik tombol Kirim agar dapat di review oleh Ustadz / Ustadzah kami di Pesantren. Jika ada yang tidak sesuai maka status formulir akan dikembalikan, namun jika sudah sesuai kami akan mengirimkan informasi lain untuk menunggu jadwal kunjungan ke pesantren
Berikut persiapan-persiapan yang antum butuhkan setelah formulir telah selesai antum isi.
  1. Setelah formulir antum sudah di submit dengan sempurna, antum akan diinformasikan oleh Ustadz/Ustadzah kami melalui nomor kontak wali yang sempat antum daftarkan di awal pendaftaran terkait waktu kedatangan dan penyerahan ke Pimpinan dan Pengasuh Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah. Antum akan diarahkan ke kantor Sistem Administrasi Santri dengan membawa lampiran sebagai berikut :
    • Materai Rp. 10.000,- (1 Lembar)
    • Fotokopi Kartu Keluarga (2 Lembar)
    • Fotokopi Akta Lahir (2 Lembar)
    • Fotokopi SKHUN (3 Lembar)
    • Fotokopi Ijazah terakhir yang sudah di legalisir (3 Lembar)
    • Fotokopi Kartu Pelajar / NISN (1 Lembar)
    • Pas Foto 2X3 Warna (3 Lembar)
    • Pas Foto 4X6 Warna (3 Lembar)
    • Lembar SKTM (1 Lembar / *Dispen)
    • Lembar Surat Pengantar (1 Lembar / *Pindahan)
    • SKKB (1 Lembar / *Pindahan)
  2. Antum akan mendapatkan hardcopy isian formulir yang antum isi secara daring
  3. Calon santri dan Wali Santri akan menandatangani berkas kolom tandatangan yang telah disediakan
  4. Antum akan diarahkan oleh petugas (Mu'alliem / Mu'allimaat) untuk bertemu dengan Pimpinan dan Pengasuh terkait penyerahan calon santri berdasarkan antrian
  5. Saat penyerahan, apabila ada sesuatu yang sifatnya permohonan dispensasi, antum dapat mengutarakan saat itu dengan membawa SKTM agar diberikan rekomendasi berupa keringanan
  6. Setelah diterima sebagai Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah, antum harus mengembalikan lembar Registrasi yang telah di ACC oleh Pimpinan untuk di data ulang oleh Staff kami di Kantor Sistem Administrasi Santri kemudian status Calon Santri akan di Mutasi Menjadi Santri Aktif dengan Nomor Induk Santri
  7. Pembayaran sebesar minimal 75% dari Total Biaya Registrasi sudah harus masuk saat Nomor Induk Santri telah diberikan
  8. Untuk setiap kegiatan dan aktifitas santri, kami menginisialisasikan santri dengan Nomor Induk Santri untuk menghindari penamaan yang identik di santri kami, sehingga baik Santri maupun Wali Santri harus menghafalnya
  9. Santri tidak boleh memegang uang tunai lebih dari Rp. 20.000, seluruh uang akan di masukkan ke Saldo Deposit dan Santri harus memiliki Kartu Deposit
  10. Wali Santri akan mendapatkan pemberitahuan terkait informasi santri dan aktifitas dana transaksi melalui kanal telegram yang terdaftar, akun telegram yang terhubung untuk masing-masing santri dapat digunakan lebih dari 1 sehingga memungkinkan Ayah, Ibu dan Wali santri saling dapat mengetahui informasi tentang santri secara parsial
  11. Baik santri ataupun wali dapat bertukar pesan melalui akun Telegram wali di masing-masing akun santri yang dapat diakses via SAS Mandiri
  12. Fitur Transfer dari Merchant / Bank ke Deposit Santri otomatis aktif sehingga untuk wali santri yang tidak dapat melakukan pengiriman ke pesantren dapat menggunakan alternatif lain seperti Virtual Account, Dompet digital atau Modern Retail seperti Indomaret dan Alfa Group
learn about Signature

Kegiatan Santri

NO JAM KEGIATAN
1. 04.30-05.45
  1. Qiyamul Lail
  2. Shalat Subuh Berjama'ah
2. 05.45 - 07.00
  1. Piket Harian
  2. Mandi, Mencuci, Dll
  3. Sarapan, Persiapan Sekolah
3. 07.15-12.00 Sekolah
4. 12.00-13.15 Dzuhur Berjamaah, Qiroatul Qur'an
5. 13.15-14.00 Makan Siang
6. 14.00-15.30 Istirahat
7. 15.30-17.00 Ashar Berjamaah, Tahfidz, Tazwidul Mufrodat, Belajar Kitab Turots
8. 17.00-17.30 Olah Raga, Mandi dan Piket
9. 17.30-20.00 Maghrib Berjamaah, Belajar Al-Qur'an, Makan Malam & Isya' Berjamaah
10. 20.00-21.15 Belajar Terbimbing
11. 21.45-04.30 Istirahat

Ekstra Kurikuler

  1. Tahsin Qiro'ah dan Tahfidz
  2. Pengkajian Kitab Kuning (Kutubutturots)
  3. Latihan Pidato 3 Bahasa (Muhadlarah)
  4. Praktek Ubudiyah
  5. Latihan Kepramukaan / Dinatrian
  6. Tenis
  7. Marawis
  8. Hadrah
  9. Paskibra
  10. Firqah Qalami
  11. Silat

Perlengkapan yang dibutuhkan

  1. Lemari Pakaian (Sewa / Semester)
  2. Kasur / tikar, bantal, selimut (Bawa sendiri)
  3. Kartu Deposit Santri
  4. Peralatan sekolah dan Kitab (ATAZMart)
  5. Seragam Pesantren dan Olahraga (ATAZMart)
  6. Iuran Qalami Rp. 10.000 / Bulan
  7. Iuran Ekskul Rp. 10.000 / Bulan
  8. Seragam ISMAM Putra Rp. 175.000 sedangkan Putri Rp. 225.000