BNI

Virtual account santri mencirikan nomor billing / transaksi yang akan di terjemahkan langsung oleh Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah ke santri terkait pada informasi billing tersebut. 

Saat ini, virtual account santri sendiri kami kelompokkan menjadi 2, yakni Dedicated Virtual Account dan Dynamic Virtual Account yang mana perbedaan nya adalah :

Dedicated Virtual Account akan mengikuti data dari Nomor Induk Santri (NIS) yang bersifat permanen sehingga dapat dikatakan bahwa nomor virtual account itu dianggap milik santri terkait dan wali santri dapat melakukan transfer ke nomor itu terus menerus dan akan di dedikasikan khusus untuk santri tersebut pula. adapun bank-bank atau merchant penyedia transaksi yang sudah terintegrasi dengan Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah antara lain :

  1. BCA
  2. BNI
  3. Mandiri
  4. Permata

Untuk mendapatkannya adalah wali santri yang akun telegramnya telah terhubung dengan Sistem Administrasi Santri dapat melakukan generate nomor rekening / virtual account tersebut dengan cara mengirim pesan dalam format : 

/cekrekening 12187721 (dengan asumsi bahwa 12187721 adalah Nomor Induk Santri) 


Dynamic virtual account adalah kode pra-transaksi yang hanya dapat dilakukan 1x dalam satu transaksi dan memiliki expired time apabila transaksi tidak dilakukan dalam waktu yang disediakan.  sehingga apabila wali santri akan melakukan top up saldo deposit melalui virtual account ini, wali santri harus melakukan generate kode virtual account terlebih dahulu dengan menentukan nominal yang akan di top up dan bank / penyedia terlebih dahulu kemudian sistem akan membuat nomor pembayaran virtual account berdasarkan permintaan tersebut yang diiringi dengan batas waktu transaksi / expiry time (umumnya  1 jam saja). Adapun bank-bank atau merchant penyedia transaksi yang sudah terintegrasi dengan Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah antara lain :

  1. [002] BRI
  2. [009] BNI
  3. [014] BCA
  4. [022] CIMB
  5. [011] Bank Danamon
  6. [008] Mandiri
  7. [013] Bank Permata
  8. [523] Bank Sahabat Sampoerna
  9. [016] Maybank
  10. [indo] Indomaret 
  11. [alfa] Alfa Group (Dan-Dan Mart, Alfamart, Alfamidi, Alfaexpress, Lawson)

Untuk mendapatkannya adalah wali santri yang akun telegramnya telah terhubung dengan Sistem Administrasi Santri dapat melakukan generate nomor rekening / virtual account tersebut dengan cara mengirim pesan dalam format : 

/transfer [NIS] [kode bank] [nominal] [keterangan]

contoh apabila antum akan mengirim ke deposit santri dengan nomor induk 12164901 melalui bank penyedia BRI sebesar Rp. 100.000 dengan berita acara nak, tolong dibayarkan untuk iuran bulanan yaa, adalah sbb :

/transfer  12164901 002 105000 nak, tolong dibayarkan untuk iuran bulanan yaa

Informasi lain 

  • Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah merupakan lembaga pendidikan sehingga untuk Payment gateway ini selain masih dalam tahap proses dengan Bank Syariah Indonesia, kami menggandeng Fintecth PT Tri Usaha Berkat (LINKQU!) sebagai penyedia kirim dan terima transaksi keuangan perbankan.
  • Rerata nominal yang akan diterima santri adalah penyesuaian dari nominal yang antum kirim yang telah dikurangi Rp. 5.000 (Rp. 8.000 untuk Alfa Group) sebagai biaya Jasa merchant ( https://www.linkqu.id/harga/) + Biaya Administrasi.
  • Bukti Transfer berupa Struk atau Screnshoot dapat disimpan untuk berjaga-jaga apabila dalam beberapa menit setelah transaksi berhasil dilakukan, antum belum mendapatkan notifikasi uang masuk ke Tabungan Deposit Santri dari Telegram Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah

Generate kode Pembayaran / Virtual Account BCA: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Bank Central Asia (BCA) dapat digunakan dengan metode Dedicated Virtual Account atau Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

Informasi ini akan diupdate oleh Tim

Generate kode Pembayaran / Virtual Account Mandiri: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Bank Mandiri dapat digunakan dengan metode Dedicated Virtual Account atau Dynamic Virtual Account.

1. Dedicated VA

  1. Pastikan akun telegram antum sudah terdaftar di Sistem Administrasi Santri dan telah terhubung dengan santri.
  2. ketik pesan dalam format /cekrekening [NIS] contoh  /cekrekening 12187721 (dengan asumsi bahwa 12187721 adalah Nomor Induk Santri / NIS)
  3. Antum akan mendapatkan informasi nomor Virtual Account santri untuk NIS terkait, dan pastikan antum mencatat untuk Bank Penyedia Mandiri



2. Dynamic VA

  1. Pastikan akun telegram antum sudah terdaftar di Sistem Administrasi Santri dan telah terhubung dengan santri. 
  2. ketik pesan dalam format /transfer [NIS] [kode bank] [nominal] [keterangan] contoh apabila antum akan mengirim ke deposit santri dengan nomor induk santri 12164901 melalui bank penyedia Mandiri sebesar Rp. 550.000 dengan keterangan yang ingin disampaikan kepada santri adalah pembayaran iuran bulanan, qalami dan jajan 1 minggu maka antum perlu mengetik /transfer 12164901 008 550000 pembayaran iuran bulanan, qalami dan jajan 1 minggu

  3. Antum akan mendapatkan informasi nomor Virtual Account, total tagihan dan informasi-informasi santri dalam format invoice yang memiliki expiry time yang artinya antum dapat melakukan transaksi tersebut sampai waktu yang ditentukan. untuk detilnya antum dapat tap tombol "Cek data"



saat antum mendapatkan nomor Invoice, tolong perhatikan bahwa ada waktu Kadaluwarsa yang artinya antum harus melakukan transfer ke nomor Virtual Account tersebut sebelum waktu itu berakhir. invoice ini hanya bisa didapatkan jika antum telah melakukan transaksi dengan jenis Dynamic Virtual Account yang artinya setiap transaksi akan diarahkan ke nomor VA yang berbeda-beda.

kami juga menampilkan Deposit santri tujuan, sehingga sebelum transaksi dilakukan, antum harus memastikan bahwa nama yang tertera (berdasarkan hasil datasort yang kami dapatkan dari Nomor Induk Santri) adalah sesuai, karna apabila namanya tidak sesuai (santri lain) dan transaksi tersebut berhasil dilakukan, maka dana nya akan masuk ke Deposit santri yang tertera. 

Status menunggu menandakan bahwa transaksi di nomor Invoice ini menunggu transaksi yang hendak antum lakukan, Kadalwarsa apabila dalam kurun waktu tersebut tidak ada transaksi masuk sehingga nomor VA tersebut sudah tidak dapat digunakan kembali sedangkan Lunas berarti transaksi tersebut sudah berhasil dilakukan dan dana tersebut sudah di catat dalam pembukuan tabungan / Deposit Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah. 



Cara Pembayaran : 

1. Melalui ATM Mandiri

  1. Masukkan Kartu antum ke Mesin ATM Mandiri
  2. Masukkan PIN antum
  3. Pilih 'Bayar/Beli'
  4. Cari Pilihan MULTI PAYMENT
  5. Masukkan Kode Perusahaan 70017
  6. Masukkan Kode Pelanggan (11 Digit Kode Nomor Virtual Account)
  7. Masukkan Jumlah yang akan antum kirim, kemudian tekan 'Benar'
  8. Pilih Tagihan antum jika sudah sesuai tekan YA
  9. Konfirmasikan transaksi antum apakah sudah sesuai lalu tekan YA
  10. Transaksi selesai

2. Melalui Internet Banking Mandiri

  1. Pada Halamn Utama Pilih menu BAYAR
  2. Pilih Submenu MULTI PAYMENT
  3. Cari Penyedia Jasa 'I-PAY'
  4. Masukkan kode Pelanggan (11 Digit Kode Nomor Virtual Account)
  5. Input Jumlah yang akan antum kirim
  6. Pilih LANJUTKAN
  7. Pilih Tagihan antum, jika sudah sesusai tekan LANJUTKAN 
  8. Transaksi selesai

3. Melalui ATM Prima

  1. Masukkan kartu antum ke mesin ATM
  2. Masukkan PIN
  3. Pilih menu Transaksi Lainnya
  4. Pilih Menu ke Rek Bank Lain
  5. Masukkan kode sandi Mandiri (008) kemudian tekan BENAR
  6. Masukkan nomor 88017 + Virtual Account dan tekan Benar
  7. Masukkan jumlah yang akan dikirim
  8. Pilih Benar untuk menyetujui transaksi tersebut
  9. transaksi selesai

4. Melalui ATM Bersama

  1. Masukkan kartu antum ke mesin ATM
  2. Masukkan PIN
  3. Pilih menu ke Rek Bank Lain
  4. Masukkan kode sandi Bank Mandiri (008) diikuti dengan 88017 + nomor Virtual Account, dan tekan Benar
  5. Masukkan jumlah yang akan dikirim
  6. Pilih Benar untuk menyetujui transaksi tersebut
  7. transaksi selesai

5. Mandiri Virtual Account (Livin' By Mandiri v4.2.4)

  1. Buka Aplikasi Livin' By Mandiri
  2. Pilih Menu Bayar
  3. Pilih Buat Pembayaran Baru
  4. Pilih Multipayment
  5. Pilih Institusi 'I-PAY' dan Lanjutkan
  6. Masukkan Nomor Virtual Account dan Nominal yang akan dibayar, lalu pilih lanjut
  7. Masukkan PIN / Token code Challenge
  8. Transaksi Selesai

Catatan : Jika untuk pengiriman dari bank lain (Non-Mandiri) ke Virtual Account Mandiri,  pilih Transfer ke Bank Lain dan pilih Bank Mandiri, dan untuk nomor rekeningnya adalah kombinasi dari 88017 + Virtual Account

Generate kode Pembayaran / Virtual Account BRI: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) hanya dapat digunakan dengan metode Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

Informasi ini akan diupdate oleh Tim

Generate kode Pembayaran / Virtual Account Permata: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Bank Permata dapat digunakan dengan metode Dedicated Virtual Account atau Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

1. Melalui ATM Permata

  1. Masukkan PIN
  2. Pilih Menu Transaksi Lainnya
  3. Pilih Menu Pembayaran
  4. Pilih Menu Pembayaran Lainnya
  5. Pilih Menu Virtual Account
  6. Masukkan Nomor Virtual Acount yang tertera pada halaman konfirmasi, dan tekan BENAR
  7. Pilih rekening yang menjadi sumber dana yang akan didebet, lalu tekan YA untuk konfirmasi transaksi

2. Melalui Permata Net

  1. Buka Website PermataNET di https://new.permatanet.com
  2. Masukkan user ID & Password
  3. Pilih Pembayaran Tagihan
  4. Pilih Virtual Account
  5. Masukkan Virtual Account santri
  6. Masukkan nominal yang akan didebet
  7. Muncul konfirmasi pembayaran
  8. Masukkan otentikasi transaksi / token
  9. Transaksi selesai

3. Melalui ATM Prima

  1. Masukkan PIN
  2. Pilih menu Transaksi Lainnya
  3. Pilih Menu ke Rek Bank Lain
  4. Masukkan kode Bank Permata (013) kemudian tekan Benar
  5. Masukkan nomor VIRTUAL ACCOUNT santri, dan tekan BENAR
  6. Masukkan jumlah pembayaran sesuai dengan yang ditaguhkan dengan halaman konfirmasi
  7. Pilih BENAR untuk menyetujui transaksi berikut

4. Melalui ATM Bersama

  1. Masukkan PIN
  2. Pilih menu Transaksi
  3. Pilih Menu ke REK BANK LAIN
  4. Masukkan kode sandi Bank Permata (013) diikuti dengan nomor VIRTUAL ACCOUNT santri, dan tekan BENAR
  5. Masukkan jumlah nominal yang ingin didebet
  6. Pilih BENAR untuk menyetujui transaksi tersebut  

5. Melalui Permata Mobile

  1. Buka Aplikasi Permata Mobile Internet
  2. Masukkan User ID & Password
  3. Pilih Pembayaran Tagihan
  4. Pilih Virtual Account
  5. Masukkan Virtual Account santri
  6. Masukkan nominal yang akan didebet
  7. Muncul konfirmasi pembayaran
  8. Masukkan otentikasi transaksi / token
  9. Transaksi selesai

Generate kode Pembayaran Indomaret: 

generate kode pembayaran untuk Indomaret hanya tersedia melalui metode Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

  1. Pergi ke minimarket Indomaret
  2. Informasikan kepada kasir pembayaran menggunakan LINKITA
  3. Berikan kode Pembayaran yang telah antum miliki ke Kasir
  4. Kasir akan memasukkan Kode Pembayaran
  5. Bayar sesuai nominal yang tersedia pada invoice pembayaran
  6. Ambil tanda terima pembayaran 
  7. Tunggu beberapa menit hingga antum mendapatkan notifikasi resmi dari akun telegram Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah terkait dana yang masuk ke deposit. apabila dana belum masuk, antum dapat menyimpan bukti pembayaran tersebut untuk segera di komplain ke staff kami untuk followup

Generate kode Pembayaran Alfa Group : 

generate kode pembayaran untuk Alfa Group hanya tersedia melalui metode Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

  1. Pergi ke minimarket Alfamart / Alfamidi /Dan+Dan / Lawson (Alfa Group)
  2. Informasikan kepada kasir pembayaran menggunakan LINKITA
  3. Berikan kode Pembayaran yang telah antum miliki ke Kasir
  4. Kasir akan memasukkan Kode Pembayaran
  5. Bayar sesuai nominal yang tersedia pada invoice pembayaran
  6. Ambil tanda terima pembayaran 
  7. Tunggu beberapa menit hingga antum mendapatkan notifikasi resmi dari akun telegram Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah terkait dana yang masuk ke deposit. apabila dana belum masuk, antum dapat menyimpan bukti pembayaran tersebut untuk segera di komplain ke staff kami untuk followup

Generate kode Pembayaran / Virtual Account Maybank: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Maybank hanya dapat digunakan dengan metode Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

Informasi ini akan diupdate oleh Tim

Generate kode Pembayaran / Virtual Account Sahabat Sampoerna: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Bank Sahabat Sampoerna hanya dapat digunakan dengan metode Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

Informasi ini akan diupdate oleh Tim

Generate kode Pembayaran / Virtual Account CIMB: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Bank CIMB dapat digunakan dengan metode Dedicated Virtual Account atau Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

Informasi ini akan diupdate oleh Tim

Generate kode Pembayaran / Virtual Account Danamon: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Bank Danamon hanya dapat digunakan dengan metode Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

Informasi ini akan diupdate oleh Tim

Generate kode Pembayaran / Virtual Account BNI: 

generate kode pembayaran / Virtual Account untuk Bank Nasional Indonesia (BNI) dapat digunakan dengan metode Dedicated Virtual Account atau Dynamic Virtual Account.

Cara Pembayaran : 

Informasi ini akan diupdate oleh Tim