Apakah Karya Sastra Itu Penting?

Pasti banyak dari  kalian dong yang bertanya-tanya tentang karya sastra. Apasih  karya sastra itu? Apakah penting belajar karya sastra? Apa sih manfaatnya?. Wah banyak banget pemuda-pemuda bahkan orang dewasa yang bertanya demikian. Nih Aku kasih tahu ya, salah satu bentuk seni adalah karya sastra dan karya sastra mempunyai peranan yang sangat penting bagi masyarakat pembelajaran sastra di Indonesia sejak dulu hingga sekarang selalu menjadi permasalahan.

Kurangnya Guru yang menguasai bidang sastra, peserta didik yang kurang antusias serta buku-buku penunjang merupakan beberapa faktor mengapa sastra sering di anak tirikan. Sebagian masyarakat pun masih memandang bahwa sastra hanyalah karangan bohong belaka dari si pengarang sehingga timbulah diskrimasi. Namun pada kenyataannya, sastra dapat digunakan untuk mengembangkan wawasan berfikir Bangsa. Karya sastra mampu membukakan mata pembaca untuk mengetahui realita sosial, politik dan budaya. Selain itu, melalui sastra masyarakat dapat menyadari masalah-masalah penting di dalam diri mereka dan menyadari bahwa mereka sendirilah yang bertanggung jawab terhadap masalah tersebut.

Sastra tidak pernah pudar apalagi mati. Sebab, sastra mampu mengajak masyarakat untuk berfikir kritis dan peka dengan lingkungan sekitar. Sastra tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat, Realita-realita yang ada di dalam masyarakat kemudian dituangkan dalam beberapa karya seperti cerita, puisi maupun bentuk karya sastra lainnya. Adanya karya sastra inilah yang mendorong munculnya kepedulian, keterbukaan, dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa.

Sastra tidak hanya melembutkan hati tapi juga menumbuhkan rasa cinta kasih kita kepada sesama dan kepada sang Pencipta. Dengan sastra manusia dapat mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu jauh lebih indah dan mempesona. Jadi  karya sastra itu sangat berperan penting bagi masyarakat dan banyak sekali manfaat yang kita dapat jika kita benar-benar mempelajari karya sastra. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua terkhusus untuk sahabat Qolami. Tetap semangat ya, kembangkan terus karya kalian dari pada Cuma dijadiin status, mendingan dijadiin karya Hehehe ... Salam Literasi!

Subscribe Subscribe