Resensi Buku : Kisah dan Kemuliaan para Wanita Ahli Surga di sekeliling Nabi

 06 Mei 2024 Pukul 13:13 Siang
Judul Buku
Kisah dan Kemuliaan para Wanita Ahli Surga Di Sekeliling Nabi
Pengarang / Penulis
Mohammad A. Suropati
Penerbit
Araska
Kota Penerbit
Bantul - Yogyakarta
Tahun Terbit
2023
Jumlah Halaman
208 Halaman


Pendahuluan

1. Tentang Penulis

Penulis lahir di Rembang, Jawa Tengah. Menempuh Pendidikan SD hingga SMP di kota kelahiranya. Jenjang SMA (Madrasah Aliyah) ia tempuh di pondok pesantren di solo. Tahun 1999 ia melanjutkan kuliah di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Selama kuliah aktif di Lembaga pers Mahasiswa di kampus. Selepas lulus Kuliah ia bergabung dengan sebuah Perusahaan nasional sebagai konsultan SDM. Hingga kini telah puluhan kali mengisi acara pelatihan pengembangan diri dan juga peningkatan SDM di banyak Perusahaan. selain kesibukanya juga, penulis juga mengisi seminar di banyak kota, dan ia juga mulai aktif dalam menulis buku. Dan Impianya adalah Menulis buku sebanyak- banyak mungkin buku. Dan di kedepanaya penulis ingin mendirikan sebuah sekolahan untuk orang-orang yang tidak mampu.

2. Tujuan Penulis

Tujuan penulisan Pada buku ini adalah ingin membantu, dan mengubah, orang-orang di sekitaran lingkungan rumah, maupun di luar rumah, atau di sekitar masyrakat, agar mereka lebih menjadi seorang yang percaya diri, dan ingin menyembuhkan sebuah trauma-trauma, apa yang mereka lakukan, masa lalunya, dan lain-lain. penulis juga ingin membantu/mengubah hidup seseorang agar lebih menjadi lebih disiplin lagi dalam melakukan hal-hal yang begitu sangat disenangi oleh Allah.

penulis juga ingin mengajarkan kepada orang- orang cara untuk memanfaatkan, dan mengatur di setiap bagian waktu, di dalam mengerjakan sebuah aktivitas. sudah direncanakan dan yang sudah ditetapkan.

Isi Resensi

1. Sinopsis

Agar menjadi seorang Wanita ahli surga merupakan sebuah kabar yang sangat membahagiakan. Semua orang tentu ingin menginginkan kedudukan tersebut. Tak peduli Sejauh apa jarak seseorang dari Allah Swt ,Surga tetaplah sebuah dambaan. Namun, Untuk meraih kedudukan menjadi ahli surga tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan butuh sebuah perjuangan yang serius. Demikian pula halnya dengan seorang Wanita-wanita yang ahli surga di sekeliling Nabi.

Mereka bukanlah para Wanita yang sembarangan Wanita, dalam sebuah urusan keimanan dan keislaman. Dan Seorang Wanita -wanita yang ahli surga yang ada di sekeliling para Nabi sesungguhnya merekalah semuah adalah seorang hamba-hamba pilihan yang di pilih oleh Allah. di dalam sebuah keperibadian masing-masing dari mereka yang sangat mulia sehingga perlu kita pahami dan kita teladani sifat- sifat yang telah diajarkan kepada kita.

Di dalam sebuah kehidupan yang bermasyarakat, juga dapat memberikan sebuah motivasi bagi seorang Wanita/ kaum hawa. Dan pada kiranya buku yang memuat di dalam sebuah kisah dan pada sebuah kemuliaan seorang Wanita. Agar seorang Wanita bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dapat mampu menjaga kehormatanya, dan kemulianya Sehingga mereka dapat meraih surga yang Allah telah janjikan oleh Allah di dalam firmanya Kepada seorang hambanya. Dan pemuka seorang Wanita yang ahli surga terdiri dari empat yaitu seperti: Maryam bin Imran, Fatimah binti Rasullah, Khadijah binti khuwalid, Dan aisyah istri dari seorang istri fir,aun. Dan beliau juga meneladani sifat rasullah cara hidup yang sederhana yaitu terbagi menjadi 3 yaitu:

  • Gunakan suatu bagian untuk kebutuhan wajib.
  • Gunakan satu bagian untuk bersedekah.
  •  Gunakan suatu bagian lagi untuk investasi atau untuk modal usaha.

2. Hal-hal menarik

Ada dua sebuah cerita yang saya suka dari sebuah buku ini. Alkisah, Fatimah binti rasullah memiliki tiga gelar (pangilan/julukan). Pertama, ummu abiha. Sebagi salah satu Wanita penghulu surga, Fatimah memang telah tertempa sejak kecil. Sejak lahir ia pun menjadi saksi perjuang berat sang ayah dalam menyebarkan isalm. Fatimah kecil tak jarang menangis Ketika melihat penderitaan seorang ayah. Yang di intimindasi kaum kafir quraisy sebab berdakwah. Hal demikian menumbuhkan fathimah sebagai pembela sang ayah dalam berdakwah Islamiyah. Dari sini juga sudah terlihat bahwa Fatimah az-zahra sangat luar biasa Tingkat keimanannya. Yang tidak pernah libur sholat, berpuasa, dan membaca al-quran. Berbeda dengan seorang Wanita di zaman sekarang yang pada umummnya. Yang justru maunya ingin berlama-lama libur shalat sebab mentruasi. Dan sebuah pembelajaran yang dapat kita ambil dari sebuah kisah Fatimah adalah karena Fatimah tidak mau menjauh dari allah.

Hal-hal menarik dari sebuah novel kisah dan kemulian para Wanita ahli surga di sekeliling nabi banyak mengambil sebuah pembelajaran yang dapat diambil dari sebuah novel ini. Akan tetapi di dalam buku ini terdapat kisah tauladan nabi Muhammad 'alaihissalam adalah seorang lelaki yang sederhana. Beliau juga memiliki rumah yang sangat sederhana. Kehidupan nabi Muhammad boleh dikatan sangat sempurna. Ia juga berwajah sangat tampan, dan memiliki istri yang cantik, istrinya bernama Siti Aisyah binti Abu Bakar.

Keunggulan / Kelebihan Buku

  • Keunggulan dari buku ini adalah banyak sekali memberikan sebuah motivasi terhadap seorang Wanita dan pembaca.
  • Didalam buku ini juga mengajarkan kita untuk menjadi seorang yang lebih percaya diri, terhadap diri kita sendiri. Di dalam buku ini juga menceritakan sebuah Sejarah tentang baginda rasullah, yang Bersama seorang istrinya.
  • Buku ini juga mengajarkan kita bagimana cara berbicara/tutur kata yang baik, benar, dan sopan terhadap orang yang lebih tua.
  • Buku ini juga bisa menjadi penasihat bagi orang-orang, atau seorang pembaca dalam buku ini.
  • Buku ini juga banyak sekali pembelajaran didalamnya, dan juga mengajarkan kita bagaimana mengerjakan sholat yang benar, dan juga kita dapat meneladani sifat-sifat rasullah.
  • Buku ini juga banyak sekali menceritakan tentang baginda rasullah, dan seorang istrinya pada saat zaman kenabian.

Kekurangan / Kelemahan Buku

  • Kekurangan dari buku ini adalah banyak Bahasa yang kurang dipahami atau kurang dimengerti oleh seorang pembaca .
  • Kekurangan buku ini adalah ada salah satu kalimat yang tidak benar atau salah dalam mengetik yaitu, yaitu pada halaman 122 dengan kalimat shababat, subbab, pada halaman 91.
  • Tidak ada keterangan footnote untuk lebih menguatkan sebuah kutipan.

Penutup

1. Simpulan

Buku yang berjudul kisah dan kemuliaan para Wanita ahli surga di sekeliling nabi karya mohammad A. Suropati adalah buku yang menjelaskan tentang sebuah kisah dan kemuliaan para Wanita ahli surga disekeliling nabi. banyak sekali sebuah penjelasan yang mudah dipahami. Dengan menjekaskan sebuah kretria Wanita ahli surga. Didalam buku ini adalah sebuah petunjuk dan pemadu dalam kita sebuah pikiran, serta sebuah Pendidikan.

2. Saran

Buku ini sangat bagus untuk orang yang masih belum mengerti dan belum mengetahui tentang kisah tauladan nabi. dengan karena itu penjelasan yang sangat mudah dan juga bukti-bukti yang sudah ada di dalam al-quran, dan juga di dalam buku Sejarah- sejarah. Sehingga para pembaca bisa cepat memahami arti dari sebuah judul kisah dan kemuliaan para Wanita ahli surga di sekeliling nabi. Namun agar lebih baiknya lagi, sebaiknya sampul dicetak lebih menarik lagi agar lebih banyak yang tertarik untuk membacanya.

Subscribe Subscribe