Virtual Account Santri

 29 Maret 2022 Pukul 14:43 Siang

Virtual Account merupakan salahsatu metode pembayaran digital melalui akun virtual yang dibuat khusus oleh Bank Penyedia. Di Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah, fitur ini akan diberikan untuk para wali santri sejak santrinya telah memiliki Nomor Induk Santri yang bersifat unik dan dedicated. Selain  menggunakan metode Virtual Account, wali santri juga dapat menggunakan kode pembayaran di Modern retail Alfagroup yang meliputi Alfamart, Alfamidi, Dan-dan, Lawson atau Indomaret atau saat ini juga bisa menggunakan QRIS sehingga dapat mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di indonesia seperti mobile banking lain atau dompet-dompet digital seperti Gopay, OVO, Shopeepay, LinkAja, Dana dsb.

Sebagai informasi secara umum, Untuk Virtual Account, Kode Pembayaran di Gerai Pembayaran atau QRIS Ini Sistem Administrasi Santri yang mewakili Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah menggandeng Fintecth PT Tri Usaha Berkat (LINKQU!) sebagai penyedia kirim dan terima transaksi keuangan perbankan yang menjadi alternatif transaksi tabung / penarikan tunai melalui Student Payment Center sehingga walisantri dapat melakukan aktifitas ini tanpa harus ke pesantren.

 

Untuk memulai transfer ke Deposit Santri, wali santri dapat menggunakan akun Telegram yang telah terhubung dengan Sistem Administrasi Santri Ponpes ATAZ dan mengirim pesan dengan format /transfer, Apabila server sedang tidak dalam gangguan maka wali santri akan mendapatkan balasan berupa tombol yang masing-masing mengidentifikasikan nama informasi santri berupa NIS dan Nama Santri. Pilih santri tujuan dan nantinya Telegram akan menampilkan popup aplikasi berupa Topup Form. antum bisa memilih merchant / bank penyedia, mengisikan nominal yang akan ditransfer dan berita acara yang nantinya catatan ini akan disampaikan langsung ke santri terkait apabila transaksi telah diselesaikan.

Setelah request berhasil, wali santri akan mendapatkan pesan dari Bot Ponpes ATAZ yang berupa invoice pembayaran dengan bataswaktu tertentu.  Semoga membantu


Login ke Aplikasi BCA Mobile dengan memilih tombol m-BCA


Input Kode Akses untuk masuk ke perangkat BCA Mobile


Setelah Login, di Dashboard BCA Mobile Pastikan antum pilih menu m-Transfer


Pilih menu BCA Virtual Account


di Virtual Account, Pastikan antum melakukan Tap pada Input No. Virtual Account agar muncul popup form, pastikan antum berada pada posisi Input lalu Masukkan Nomor Virtual Account BCA yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan OK


Jika berhasil, m-Transfer akan menampilkan rincian informasi sesuai Invoice yang kami berikan, antum perlu memastikan bahwa Total tagihan adalah sesuai dengan invoice dan Nama Transaksi adalah LOKALFINANSIAL, Pilih tombol OK jika dirasa sesuai, lalu masukkan PIN BCA Antum


Jika transaksi berhasil, antum akan mendapatkan nomor referensi transaksi dari BCA Mobile yang antum gunakan, simpan jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via BCA melalui telegram


Buka Aplikasi Mobile Banking Aplikasi Livin' by Mandiri


Setelah itu, Input Password Aplikasi Livin' by Mandiri


Di beranda aplikasi, pilih menu Bayar


Ketuk kolom pencarian Cari Penyedia Jasa...


Lalu cari penyedia Jasa dengan kode 70017 atau I-Pay


Masukkan Nomor Virtual Account BCA yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan Isi Nominal sesuai dengan informasi yang antum input di Telegram saat hendak generate Transfer


Sistem Bank Mandiri akan memeriksa data virtual account yang kami berikan untuk diproses. Antum perlu memeriksa apakah nama tujuan sesuai, biasanya akan dimulai dengan inisial Hidayah Nama Santri, Jika sudah sesuai antara Nama, Nomor Virtual Account dan Nominal, tekan Lanjut Bayar


Jika transaksi berhasil, antum akan mendapatkan nomor Reff transaksi dari Livin' by mandiri yang antum gunakan, simpan jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via Mandiri melalui telegram


Login ke Aplikasi BRIMO


Setelah Login, di Dashboard BRIMO Pastikan antum pilih menu BRIVA


Pilih tombol Pembayaran Baru


di Nomor Tujuan, Masukkan Nomor Virtual Account BRI yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan Lanjutkan


BRIMO akan mengecek nomor Virtual Account BRI dengan informasi yang kami berikan, Perhatikan Total Pembayaran adalah sesuai dengan Invoice yang telah kami sediakan, Institusi adalah PT. TRI USAHA BERKAT dan Nama Pelanggan adalah HIDAYAH (Nama Santri). Antum juga dapat memastikan terlebih dahulu apakah saldo dari Mobile Banking BRIMO yang antum miliki cukup untuk transaksi nominal tersebut. Jika dirasa sesuai, Pilih tombol Bayar


Jika transaksi berhasil, antum akan mendapatkan nomor referensi transaksi dari Mobile Banking BRIMO yang antum gunakan, simpan jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via BRI melalui telegram


Login ke PermataMobile X


Setelah Login, di Dashboard PermataMobile X Pastikan antum pilih menu Bayar Tagihan


Pilih tombol Akun Virtual


di Akun Virtual, Masukkan Nomor Virtual Account Permata yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan Lanjut


PermataMobile X akan mengecek nomor Virtual Account Permata dengan informasi yang kami berikan, Perhatikan Total Pembayaran adalah sesuai dengan Invoice yang telah kami sediakan dan Informasi dari Virtual Account adalah identik. Lalu Pilih tombol Lanjut


Sesuaikan dana yang akan dibayar menggunakan Tabungan yang antum miliki di PermataMobile X, lalu Pilih Lanjut


Cek Ulang data transaksi Virtual Account Permata mulai dari Informasi Virtual Account, dana yang akan digunakan serta nominal nya, setelah dirasa sesuai Pilih Konfirmasi Pembayaran


Masukkan PIN Bank Permata


Jika transaksi berhasil, antum akan melihat informasi bahwa Pembayaran telah berhasil, simpan sebagai favorit jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via Permata melalui telegram

  1. Pergi ke Gerai Indomaret atau Alfagroup (Alfamart / Alfamidi /Dan+Dan / Lawson )
  2. Informasikan kepada kasir pembayaran menggunakan LINKITA
  3. Berikan kode Pembayaran yang telah antum miliki ke Kasir
  4. Kasir akan memasukkan Kode Pembayaran
  5. Bayar sesuai nominal yang tersedia pada invoice pembayaran
  6. Ambil tanda terima pembayaran 
  7. Tunggu beberapa menit hingga antum mendapatkan notifikasi resmi dari akun telegram Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah terkait dana yang masuk ke deposit. apabila dana belum masuk, antum dapat menyimpan bukti pembayaran tersebut untuk segera di komplain ke staff kami untuk followup

Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS. Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi mobile banking yang atau dompet elektronik yang mendukung fitur QRIS sudah dapat melakukan transaksi.

Wali santri hanya perlu scan kode pembayaran dari virtual Account yang kami berikan via Telegram, setelah berhasil dana akan diteruskan kesantri terkait 


Login ke Aplikasi BNI Mobile Banking


Setelah Login, di BNI Mobile Banking Pastikan antum pilih menu Transfer


Pilih tombol Virtual Account Billing


Pilih Input Baru, kemudian Masukkan Nomor Virtual Account BNI yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan Lanjut


BNI Mobile Banking akan mengecek nomor Virtual Account BNI dengan informasi yang kami berikan, Pastikan bahwa Nomor VA (Virtual Account) adalah sesuai dengan Invoice yang telah kami sediakan, Nama sesuai Inisialisasi Nicepay Hidayah (Nama Santri) dan Total tagihan sesuai. Jika dirasa sesuai, Input Password Transaksi dan Pilih tombol Lanjut


Jika transaksi berhasil, antum akan mendapatkan nomor referensi transaksi dari BNI Mobile Banking yang antum gunakan, simpan jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via BNI melalui telegram

Subscribe Subscribe