Virtual Account merupakan salahsatu metode pembayaran digital melalui akun virtual yang dibuat khusus oleh Bank Penyedia. Di Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah, fitur ini akan diberikan untuk para wali santri sejak santrinya telah memiliki Nomor Induk Santri yang bersifat unik dan dedicated. Selain menggunakan metode Virtual Account, wali santri juga dapat menggunakan kode pembayaran di Modern retail Alfagroup yang meliputi Alfamart, Alfamidi, Dan-dan, Lawson atau Indomaret atau saat ini juga bisa menggunakan QRIS sehingga dapat mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di indonesia seperti mobile banking lain atau dompet-dompet digital seperti Gopay, OVO, Shopeepay, LinkAja, Dana dsb.
Sebagai informasi secara umum, Untuk Virtual Account, Kode Pembayaran di Gerai Pembayaran atau QRIS Ini Sistem Administrasi Santri yang mewakili Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah menggandeng Fintecth PT Tri Usaha Berkat (LINKQU!) sebagai penyedia kirim dan terima transaksi keuangan perbankan yang menjadi alternatif transaksi tabung / penarikan tunai melalui Student Payment Center sehingga walisantri dapat melakukan aktifitas ini tanpa harus ke pesantren.
Untuk memulai transfer ke Deposit Santri, wali santri dapat menggunakan akun Telegram yang telah terhubung dengan Sistem Administrasi Santri Ponpes ATAZ dan mengirim pesan dengan format /transfer, Apabila server sedang tidak dalam gangguan maka wali santri akan mendapatkan balasan berupa tombol yang masing-masing mengidentifikasikan nama informasi santri berupa NIS dan Nama Santri. Pilih santri tujuan dan nantinya Telegram akan menampilkan popup aplikasi berupa Topup Form. antum bisa memilih merchant / bank penyedia, mengisikan nominal yang akan ditransfer dan berita acara yang nantinya catatan ini akan disampaikan langsung ke santri terkait apabila transaksi telah diselesaikan.
Setelah request berhasil, wali santri akan mendapatkan pesan dari Bot Ponpes ATAZ yang berupa invoice pembayaran dengan bataswaktu tertentu. Semoga membantu
Login ke Aplikasi BCA Mobile dengan memilih tombol m-BCA
Input Kode Akses untuk masuk ke perangkat BCA Mobile
Setelah Login, di Dashboard BCA Mobile Pastikan antum pilih menu m-Transfer
Pilih menu BCA Virtual Account
di Virtual Account, Pastikan antum melakukan Tap pada Input No. Virtual Account agar muncul popup form, pastikan antum berada pada posisi Input lalu Masukkan Nomor Virtual Account BCA yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan OK
Jika berhasil, m-Transfer akan menampilkan rincian informasi sesuai Invoice yang kami berikan, antum perlu memastikan bahwa Total tagihan adalah sesuai dengan invoice dan Nama Transaksi adalah LOKALFINANSIAL, Pilih tombol OK jika dirasa sesuai, lalu masukkan PIN BCA Antum
Jika transaksi berhasil, antum akan mendapatkan nomor referensi transaksi dari BCA Mobile yang antum gunakan, simpan jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via BCA melalui telegram
Buka Aplikasi Mobile Banking Aplikasi Livin' by Mandiri
Setelah itu, Input Password Aplikasi Livin' by Mandiri
Di beranda aplikasi, pilih menu Bayar
Ketuk kolom pencarian Cari Penyedia Jasa...
Lalu cari penyedia Jasa dengan kode 70017 atau I-Pay
Masukkan Nomor Virtual Account BCA yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan Isi Nominal sesuai dengan informasi yang antum input di Telegram saat hendak generate Transfer
Sistem Bank Mandiri akan memeriksa data virtual account yang kami berikan untuk diproses. Antum perlu memeriksa apakah nama tujuan sesuai, biasanya akan dimulai dengan inisial Hidayah Nama Santri, Jika sudah sesuai antara Nama, Nomor Virtual Account dan Nominal, tekan Lanjut Bayar
Jika transaksi berhasil, antum akan mendapatkan nomor Reff transaksi dari Livin' by mandiri yang antum gunakan, simpan jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via Mandiri melalui telegram
Setelah Login, di Dashboard BRIMO Pastikan antum pilih menu BRIVA
di Nomor Tujuan, Masukkan Nomor Virtual Account BRI yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan Lanjutkan
BRIMO akan mengecek nomor Virtual Account BRI dengan informasi yang kami berikan, Perhatikan Total Pembayaran adalah sesuai dengan Invoice yang telah kami sediakan, Institusi adalah PT. TRI USAHA BERKAT dan Nama Pelanggan adalah HIDAYAH (Nama Santri). Antum juga dapat memastikan terlebih dahulu apakah saldo dari Mobile Banking BRIMO yang antum miliki cukup untuk transaksi nominal tersebut. Jika dirasa sesuai, Pilih tombol Bayar
Jika transaksi berhasil, antum akan mendapatkan nomor referensi transaksi dari Mobile Banking BRIMO yang antum gunakan, simpan jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via BRI melalui telegram
Setelah Login, di Dashboard PermataMobile X Pastikan antum pilih menu Bayar Tagihan
di Akun Virtual, Masukkan Nomor Virtual Account Permata yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan Lanjut
PermataMobile X akan mengecek nomor Virtual Account Permata dengan informasi yang kami berikan, Perhatikan Total Pembayaran adalah sesuai dengan Invoice yang telah kami sediakan dan Informasi dari Virtual Account adalah identik. Lalu Pilih tombol Lanjut
Sesuaikan dana yang akan dibayar menggunakan Tabungan yang antum miliki di PermataMobile X, lalu Pilih Lanjut
Cek Ulang data transaksi Virtual Account Permata mulai dari Informasi Virtual Account, dana yang akan digunakan serta nominal nya, setelah dirasa sesuai Pilih Konfirmasi Pembayaran
Jika transaksi berhasil, antum akan melihat informasi bahwa Pembayaran telah berhasil, simpan sebagai favorit jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via Permata melalui telegram
- Pergi ke Gerai Indomaret atau Alfagroup (Alfamart / Alfamidi /Dan+Dan / Lawson )
- Informasikan kepada kasir pembayaran menggunakan LINKITA
- Berikan kode Pembayaran yang telah antum miliki ke Kasir
- Kasir akan memasukkan Kode Pembayaran
- Bayar sesuai nominal yang tersedia pada invoice pembayaran
- Ambil tanda terima pembayaran
- Tunggu beberapa menit hingga antum mendapatkan notifikasi resmi dari akun telegram Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah terkait dana yang masuk ke deposit. apabila dana belum masuk, antum dapat menyimpan bukti pembayaran tersebut untuk segera di komplain ke staff kami untuk followup
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS. Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi mobile banking yang atau dompet elektronik yang mendukung fitur QRIS sudah dapat melakukan transaksi.
Wali santri hanya perlu scan kode pembayaran dari virtual Account yang kami berikan via Telegram, setelah berhasil dana akan diteruskan kesantri terkait
Login ke Aplikasi BNI Mobile Banking
Setelah Login, di BNI Mobile Banking Pastikan antum pilih menu Transfer
Pilih tombol Virtual Account Billing
Pilih Input Baru, kemudian Masukkan Nomor Virtual Account BNI yang kami sediakan pada fitur Informasi, lalu tekan Lanjut
BNI Mobile Banking akan mengecek nomor Virtual Account BNI dengan informasi yang kami berikan, Pastikan bahwa Nomor VA (Virtual Account) adalah sesuai dengan Invoice yang telah kami sediakan, Nama sesuai Inisialisasi Nicepay Hidayah (Nama Santri) dan Total tagihan sesuai. Jika dirasa sesuai, Input Password Transaksi dan Pilih tombol Lanjut
Jika transaksi berhasil, antum akan mendapatkan nomor referensi transaksi dari BNI Mobile Banking yang antum gunakan, simpan jika dibutuhkan. beberapa saat setelah transaksi selesai dilaksanakan, Student Payment Center melalui Sistem Administrasi Santri Ponpes Al-Hidayah Al-Mumtazah akan menginformasikan mutasi dana transaksi untuk Deposit Santri terkait via BNI melalui telegram