Merayakan Idul Qurban

Jum'at - Idul Qurban merupakan salah satu hari raya umat Islam. Idul Qurban yang biasanya dikenal dengan Idul Adha tahun ini jatuh pada hari Jum'at (01/09/2017) dalam kalender masehi. Umat Islam di seluruh dunia merayakan Idul Qurban ini dengan suka cita, perihal yang sama dirasakan juga oleh santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah.

Idul Qurban tahun ini terasa istimewa. Hal ini disebabkan oleh pelaksanaan sholat id di masjid Darul Ifaqoh untuk yang pertama kalinya setelah selesai masa pembangunan. Tidak hanya itu, pelaksanaan sholat Jum'at pun dilaksanakan untuk pertama kali di masjid kebanggan santri dan santriwati Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah tersebut.

Idul Qurban di Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah juga dimeriahkan dengan beberapa perlombaan. Pelaksanaan lomba diprakarsai oleh Ismam, sebagai sebuah organisasi santri internal pesantren. Diantara perlombaan yang dilaksanakan adalah lomba takbir jama'ie, lomba azan dan lomba memasak. Perlombaan memasakan ikut dimeriahkan juga oleh peserta dari asatidz, sebagai bentuk partisipasi dalam kegiatan-kegiatan pendidikan terhadap seluruh santri.

Selain itu, Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah juga menerima beberapa hewan qurban dari dermawan ma'had dan wali santri. Menurut koordinator pemotongan hewan qurban, Ust. Welis Santana, tahun ini merupakan tahun penerimaan hewan qurban terbanyak daripada tahun-tahun sebelumnya. "Terhitung ada 9 kambing, dan 1 sapi diterima oleh pondok," ujar beliau di sela-sela pemotongan hewan qurban.

Beliau juga mengatakan, daging hewan qurban akan didistribusikan kepada santri dan santriwati, juga kepada masyarakat sekitar, sebagai bentuk kepedulian pesantren kepada lingkungan masyarakat sekitar. "Semoga di tahun-tahun yang akan datang, hewan qurban yang diterima pondok pesantren bisa menunjukkan peningkatan yang segnifikan," harap beliau dengan senyum simpul.


Subscribe Subscribe