Pada tanggal 13 januari 2019 yang bertepatan pada hari senin itu lah awal PKM {Pelatihan Kepemimpinan Menagent} dimulai. Dan pelatihan ini hanya untuk kelas 5 yang akan dilantik atau pun menjabat sebagai pengurus {ISMAM} tahun 2019, pelatihan ini untuk melatih para calon-calon pengurus agar menjadi kuat dan sabar dalam menghadapi masalah-masalah yang akan datang.
Dalam suatu cobaan dan masalah yang pengurus alami nanti akan diuji dan dirasakan ketika PKM {Pelatihan Kepemimpinan Menagement}. Adapun tujuan dari PKM adalah untuk melatih kesabaran dan mental para pengurus tahun 2019 ini. Acara ini berjalan dengan begitu meriah karena dari para peserta PKM pun bersemangat dalam menjalankan pelatihan tersebut dan disetiap paginya mereka terjun ke Masyarakat untuk melaksanakan bakti sosial dan.
PKM ini diketuai oleh Ust. Ulul Azmi. dan  beliau berkata: Pelatihan ini diadakan untuk melatih ketangguhan para pengurus ISMAM 19 yang akan menjabat sebagai pengurus di Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah ini, dan PKM ini dilaksanakan 3 hari berturut-turut. Yang  terakhir akan dilanjutkan praktek yang langsung dibimbing oleh para Ustdzah dan Muallimahnya.”
Dan PKM ini berakhir pada tanggal 15 januari 2019 hari selasa kemarin, dan dipimpin langsung oleh pimpinan Pesantren Yaitu K.H. Muammal Syarif. MA namun beliau tidak hadir saat itu karena ada urusan penting yang membuat beliau tidak bisa ikut dalam penutupan itu, dan akhirnya diwakili oleh kepala sekolah MA yaitu KH. Muallis. S.P.D.I, dan pada akhir penutupan pun terdapat sertifikat untuk para peserta pelatihan PKM ini, mereka adalah:
-Peserta Terbaik 1diraih oleh Shalsa billa sarda dan Zihad Alfiansyah
-Peserta Terbaik 2 diraih oleh Hani Fitriyani dan Rifki Maulana
-Peserta Terbaik 3 diraih oleh Anjlita Fetrisa dan Muhammad Fikry
-Peserta Favorit diraih oleh Siti Maysaroh dan Ikhwanuddin Hutasuhud
-Peserta Teladan diraih oleh Siti Rosilah dan Rivo Muhammad Sulfan
 Setelah pembagian Sertifikat acara pun ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ust Nailur Rahman S.P.D.I. yang diikuti oleh segenap santriwan dan santriwati