Di mulai dari hari senin yang bertepatan pada tanggal 23 Juni 2020 sampai tanggal 08 Juni 2020 seluruh santri Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah melaksanakan ujian tengah semester genap yang terdiri dari ujian tahriri dan ujian syafahi. Ujian yang pertama adalah ujian syafahi yang di laksanakan pada tanggal 23 Juni dan berakhir pada tanggal 29 Juni 2020, ujian ini sangat ditakuti oleh para santriwan maupun santriwati karena mereka dihadapkan langsung dengan para penguji dengan memasuki ruangan ujian sedangkan pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan secara langsung melalui lisan dan harus dijawab dengan spontan beserta jawaban yang benar, bagi para santri yang tidak bisa menjawab akan diberdirikan atau dikeluarkan dari ruang ujian.

Yang ke dua adalah ujian tahriri, yang berlangsung selama kurang lebih satu minggu dimulai dari tanggal 01 Juli dan berakhir pada tanggal 08 Juli 2020. ujian ini pun diawasi dengan sangat ketat oleh para penguji yang tak lain adalah para Asatidz dan Asatidzah Pondok Pesantren, barang siapa yang ketahuan menyontek maka tidak segan-segan lembar ujiannya akan di sobek dan ujian di luar ruangan.

Dengan peraturan yang ada para santri akan bersungguh-sungguh dalam belajar karena mereka mengharapkan akan dapat melewati ujian semester ini dengan mendapatkan nilai yang memuaskan.