Mungkin apa yang kalian rasakan tidak semudah seperti apa yang Aku tuliskan, tapi cobalah baca pesan yang Aku tuliskan di buletin ini, mungkin kalian bisa melakukannya. Aku tahu apa yang kalian rasakan disaat tersakiti oleh orang yang kalian cintai, dikhianati oleh orang yang kalian percayai. Ya, itu memang tidak untuk di maafkan terlebih jika lukanya masih terasa dihati, lantas bagaimana caranya kita bisa mengikhlaskan dan memaafkan? Sedangkan kita enggan untuk meminta maaf?

Sahabat !!!

Tak perlu kalian ambil pusing disaat kalian sulit untuk memaafkan, cukup kalian ingat!

Allah maha pengampun, mengampuni segala dosa-dosa hambanya baik dari dosa yang terkecil hingga yang terbesar. Toh, Allah tuhan seluruh alam saja mengampuni segala kesalahan-kesalahan hambanya. Kita sebagai hambanya yang hanya menumpang di buminya tidak mau memaafkan kesalahan orang lain, padahal manusia tempatnya salah dan lupa termasuk diri kita.

Hmm ingat ya sob!

Kalian pun pernah dimaafkan dan kalian pasti tahu tidak ada manusia yang sempurna, dan kalian pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk Aku sendiri tak jauh dari kata pendosa. Sahabat !!! sebaik-baiknya orang itu bukan malaikat dan seburuk-buruknya orang juga pasti punya hati juga. Jadi, marilah kita jauhi ego dan marilah kita berubah menjadi lebih baik. Ikhlaskan mereka yang telah menyakiti kalian atau mengkhianati kalian, berilah maaf kepada mereka (niatkan semata-mata hanya karena Allah) bukan karena mereka semata, tapi kebaikan kita yang akan membuat kita jauh lebih tenang, damai dan akhirnya bahagia.  “Susah ah gak bisa lupa sama kesalahannya.” Susah? Tidak bisa lupa sama kesalahannya? Ingat ya sob!!

Kesalahan bukanlah untuk dilupakan tapi untuk direlakan dan ikhlaskan kemudian ambil hikmahnya walaupun tak mudah, tapi cobalah! Bukan karena paksaan, tapi karena kalian memiliki hati dan jiwa yang besar.

#Annida Wardatun Kamilah santriwati kelas VI Muallimin asal Bekasi