KUKM (Kuliyah Umum Kemasyarakatan)

Pada tanggal 22 Desember 2020 yang bertepatan pada malam rabu, seluruh santriwati berkumpul di musholah untuk hadir pada acara KUKM yang mana dikenal dengan malam perpulangan santri, sedangkan santriwan berkumpul di masjid pada malam kamisnya yaitu pada tanggal 23 Desember 2020 beda satu hari perpulangannya dengan santriwati.

Pada malam KUKM acara dibawakan oleh kelas VI Muallimin yaitu Syifa Nur Hasanah dan Monica Aprilla sedangkan yang membaca tilawahnya adalah Sri Wulandari dan yang menjadi drigennya ialah Uun Indit Pundi Arsih. Ustad Rosi menjadi sambutan yang pertama di putra sedangkan Ustadh Zara Wanda menjadi sambutan di putri yang sama-sama membahas tentang kegunaan ujian dan sebab gagalnya ujian.

“Dengan ujian manusia akan dipuji dan dicaci, jadi ujian itu untuk melatih kepahaman kalian dan mengetahui kekurangan kita maupun Guru seberapa pun usaha kalian dalam belajar maka seperti itulah hasilnya,” ujar Ustadh Zara Wanda dengan tersenyum.

Sedangkan sambutan yang ke dua adalah Pimpinan Pesantren yakni KH Muammal Syarif, M.A.

“Apabila kalian telah selesai dari Pesantren kalian maka isilah dengan pekerjaan lainnya, orang yang ingin maju maka dengan menompang kemajuannya dengan perjuangan, berakit-rakit ke hulu berenang-renang ketepian, Abi berpesan kepada kalian untuk menjadi seorang yang Qurratul A’yun apa itu? Qorratul A’yun ialah yang menyenangkan pandangan orangtua tanda-tandanya apa? Yang pertama yaitu 1. Membantu kedua orangtua 2. Menjadi diri kalian sendiri 3. Apalagi tiba waktu sholat maka segeralah! Baiklah selamat berlibur untuk anak-anak Abi tercinta semoga kalian bisa menjadi anak-anak yang Qorratul A’yun,” pinta Abi dengan tegas dan jelas.

Liburan pun ditetapkan pada saat itu dan pada liburan kali ini Abi menyatakan bahwa tanggal 23-24 anak kelas 1-5 putri dan putra sampai tanggal 13-14 Januari 2021, alhamdulillah acara pun berakhir dengan lancar dengan di tutup dengan pemberian penghargaan bagi santri-santri yang berprestasi.

Subscribe Subscribe