Cantiklah dalam pandangan Allah

Ketika engkau mengeluh. Aku seorang wanita yang mempunyai warna kulit yang gelap, wajahku dipenuhi jerawat, gigiku tidak rata dan teratur, saya selalu diejek oleh teman saya, saya selalu dinilai buruk oleh teman saya, ya Allah aku ingin tampil cantik seperti mereka.

Dear ukhty shalihah. Ingatlah, bahwa semua ciptaan Allah itu baik, akan tetapi terkadang Allah menguji hamba-Nya dengan sakit, bencana, buruk rupa dan lainnya, karna hikmah dan maslahat yang Dia ketahui dan kehendaki.

Rupawan atau sebaliknya sama seperti sehat dan sakit, kaya dan miskin, sukses dan gagal, semua itu adalah rezeki dari Allah kepada hamba-hamba-Nya sesuai dengan hikmah, rahmat dan karunia-Nya. semua bentuk pemberian Allah tersebut bukan berarti menjadi bukti cinta Allah kepadanya. Tetapi agar diketahui siapa yang bersyukur dan bersabar, karena ia akan dibalas dengan pahala yang besar. Dan bagi yang tidak bersyukur atau bersabar maka ia akan diadzab dan dengan adzab yang hina.

Orang sakit akan mengatakan: kenapa Engkau menjadikanku sakit, sedangkan orang lain sehat?

Orang fakir akan mengatakan: kenapa Engkau menjadikanku fakir, sedangkan orang lain kaya?

Orang yang sedang ditimpa bencana akan mengatakan: kenapa Engkau menimpakan bala kepadaku, sementara orang lain selamat?

Tapi orang yang beriman ia akan ridha, sabar dan introspeksi diri, sementara yang lain akan menolak ketentuan Allah, merasa sempit dan mengeluh kepada Allah.

Tidakkah anda berfikir bahwa sekarang Allah telah menjadikan anda sehat, sementara banyak orang selain anda yang sedang diuji dengan menderita berbagai macam penyakit?

Tidakkah anda berfikir bahwa anda bisa berjalan dengan dua kaki lengkap, pulang pergi sesuka anda, sementara banyak orang lain diluar sana yang tidak terhitung jumlah kakinya tidak dapat berjalan?

Ukhty sholehah. Bersyukurlah dan selalu menerima takdir, ketika orang lain mengejekmu karena wajahmu. Ingatlah bahwa penilaian manusia tak akan mengubah penilaian Allah kepadamu, karena sebaik-baiknya penilaian adalah penilaian Allah Ta’ala. Jadi hiduplah hanya mencari penilaian Allah.

#Ustadh Uni Septiana asal Jakarta salah satu Pengajar di PONPES Al-Hidayah Al-Mumtazah

Subscribe Subscribe