Senin-24 Agustus 2020 ISMAM 2020, mengadakan acara peringatan muharram 1442 H, di Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah, sudah menjadi kebiasaan Pesantren kami yang selalu mengadakan acara peringatan muharram, meski di masa pandemi ini, kita semua berusaha untuk menjaga lingkungan dan mematuhi aturan pemerintah, kini acara di adakan dengan terpisah, santriwan dan santriwati di asrama mereka masing-masing, acara peringatan muharram di adakan oleh ISMAM 2020, di santriwan di ketuai oleh Muallim Syaihul Fauzi dan di santriwati di ketuai oleh Muallimah Raidah Salma.

Ada berbagai perlombaan yang mereka adakan dalam memperingati muharram 1442 H, membuat semuanya berjalan dengan meriah, di santriwan ada lima perlombaan di antaranya: Prakarya, debat b. Indonesia, pidato 3 bahasa, kerapihan kamar, dan cerdas cermat. Sedangkan di santriwati ada empat perlombaan diantaranya: Cerdas cermat tingkat tsanawiyah dan tingkat aliyah, pidato 3 bahasa, kerapihan kamar dan baca puisi.

Selain itu seluruh santri pun menjalankan ibadan puasa di bulan muharram, yang mana telah kita ketahui banyak sekali amalan di bulan tersebut. Puasa Asyura dan puasa yang di lakukan di bulan Muharram bernilai puasa yang utama di sisi Allah SWT.

“Seutama-utama shalat setelah salat wajib adalah shalat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam,” hadis riwayat Muslim.

Acara gebyar muharram pun berjalan selama tiga hari, dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, pada tanggal 30 Agutus, para Muallimah dan Muallim mengadakan pembagian hadiah. Dan menutup acara dengan bacaan alhamdallah di iringi oleh tepuk tangan para santri yang terdengar meriah.