Dunia yang begitu luas ini tidak ada sesuatu ataupun impian yang kita inginkan tanpa pengorbanan, karena mustahil tanpa ada usaha untuk meraihnyakarena untuk mencapai impian itu, jika usaha yang kita lakukan nol maka hasilnya akan nol.

Dan ketahuilah bahwa menkmatan hidup itu terdapat dalam usaha sebagaimana mahfudzot menyebutkan.

Yang artinya “Berusahalah karena hidup sesungguhnya kenikmatan hidup ada dalam usaha,” jika semasa hidup kalian tidak pernah berusaha maka selama itu pula kalian tidak merasakan nikmat kehidupan dan kalian tidak akan mendapatkan keberhasilan, usaha saja belum begaimana ingin berhasil, terkadang yang sudah berusaha saja masih harus melewati kegagalan terlebih dahulu apalagi yang tidak pernah berusaha sama sekali?

Dan janganlah kalian membuang yang namanya waktu dengan hanya menunggu takdir, karena hidup itu harus terencana walaupun Allah jugalah yang menentukan semuanya, akan tetapi Allah tidak pernah mengajarkan hambanya untuk berdiam diri dan menunggu waktu mengubah nasibnya tidak ada yang bisa mengubah selain dari kita sendiri.

Kehidupan yang kita jalani nanti ditengah-tengah masyarakat terkadang ada saja yang kita tidak ingin itu terjadi, tetapi apa boleh buat kalau sudah takdir, posisinya thingking itulah yang kita lakukan ketika mendapati keadaan seperti it. Mungkin Allah ingin mencari hambanya yang benar-benar beriman. Emas itu meskipun terkena hujan dan panas tetaplah emas.

“Orang kaya” salah satu nasib manusia yang mereka rasakan ketika didunia dan yang selalu sering kita Nisbatkan kepada keadaan atau posisi yang sering kita nisbatkan kepada seseorang yang memiliki harta yang melimpah, kekayaan dimana-mana mobil, rumah dan lain-kain, orang yang demikian usaha yang dilakukan ketika kerja, dalam menghemat uang dan lain-lain, berbeda dengan orang yang belum ‘kaya’ kita ucapakan seperti itu, dan perlu kita ketahui Allah itu tidak akan mengubah nasib seseorang sehingga ia merubahnya.

So, sampai ubanan kita menunggu tidak akan berubah sebelum kita merencanakan apa yang ingin kita kerjakan dan setelah itu kejakan apa yang telah kita rencanakan. Karena orang yang tidak memiliki rencana yang ingin ia kerjakan maka ialah orang yang tidak punya pendirian.