Hay sobat QOLAMI, sebagai manusia tentunya kita ingin hidup selamat di dunia dan di akhirat. Tapi semua itu tidak bisa didapatkan hanya dengan berangan-angan saja atau malas-malasan. Semua itu butuh tekad yang kuat dan kerja yang nyata yang membuat Allah ridho kepada kita. Abu Sulaiman Ad-Darani berkata: “1. Kunci kebaikan dunia dan akhirat adalah rasa takut kepada Allah SWT. 2. Kunci dunia adalah kenyang. 3. Kunci akhirat adalah rasa lapar”. Berkaitan poin yang pertama kunci kebaikan dunia dan akhirat adalah rasa takut kepada Allah SWT. Rasa takut ini bisa timbul dengan cara ber-tafakkur dengan ayat-ayat Allah yang menceritakan tentang kebesaran dan keagungannya.
Berkaitan dengan poin yang kedua kunci dunia adalah rasa kenyang. Perlu kalian ketahui guys,perut yang selalu kenyang itu akan menimbulkan hati yang keras dan susah diberi nasihat. Maka dari itu makan secukupnya “Berhentilah makan sebelum kenyang” Berkaitan dengan poin ketiga kunci akhirat adalah rasa lapar. Kebanyakan orang yang menuntut ilmu dalam keadaan perut yang lapar akan lebih cepat masuk ilmunya. Sebab itu, jika kalian ilmunya cepat masuk maka belajarlah dalam keadaan perut yang lapar dan niat semata-mata karna Allah SWT.
“Ya Tuhan kami berilah keselamatan kepada kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan dan cegahlah kami dari siksa atau adzab neraka”