Senin, tanggal 21 Oktober 2019 Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah telah menjalankan program NIHA’IE bagi anak kelas 6 muallimin, yaitu program tahfidzul Al-qur’an yang sudah dimulai dari hari ini, program ini menjadi kewajiban bagi para santri yang akan lulus, dan syarat untuk bisa diwisuda mereka harus melaksanankan program NIHA’IE. Yaitu ujian kelas akhir, dan program ini diketua oleh Ustad Nailur Rahman S. Kom. I, program NIHAI’E ini berjalan selama 7 Bulan. Yang mana terdiri dari:
1.Tahfidzul Qur’an
2.PAPER (Karya Tulis Ilmiyah)
3.Khutwatu Tadris
4.Khutbatul Wada’

“Adapun tujuan dari NIHAI’E ini adalah tidak lebih untuk melatih kemampuan dan pengetahuan santri selama belajar di Pondok Pesantren ini, program ini hanya untuk santriwan dan santriwati kelas VI yang memang ingin lulus dalam arti kelas akhir. dan adapun khutbatul wada’ adalah pidato perpisahan. Program ini sudah lama berjalan, dan program NIHAI’E adalah salah satu syarat untuk kelulusan. Semoga program ini pun dapat berguna sampai dibangku kuliyah nanti.” Ucap Ustad Nailur Rahman sambil tersenyum. Dan diaminkan oleh anak NIHAI’E.
NIHAI’E ini berbentuk ujian kelulusan, adapun ujian yang pertama dilaksanakan adalah Tahfidzul Qur’an yang dimulai dari tanggal 21 Oktober dan akan berakhir pada tanggal 25 November, dan akan dilanjutkan kembali oleh ujian yang lainnya setelah liburan. Dan pastinya yang terakhir adalah khutwatul wada’.