Hai sobat Qolami!!
Hampir seluruh manusia ralat,kayaknya semua manusia deh yang hidup di muka bumi ini pasti mendambakan hidup dalam keadaan senyaman mungkin iya kan? So, gimana sih cara supaya hidup terasa nyaman dan bahagia? Setiap zaman memiliki keunggulan masing-masing nah, berhubung kita hidup di zaman globalisasi seperti sekarang ini apa sih yang kita butuhkan untuk hidup nyaman dan bahagia? Check it dout! Yang pertama adalah adaptasi. Apa sih adaptasi itu? Adaptasi merupakan suatu cara penyesuaian diri seseorang dengan lingkungan di sekitarnya. Seperti orang yang hidup di kota maka ia harus menyesuaikan dengan alat-alat canggih yang sudah berkembang di kota, jika ia tidak bisa beradaptasi bayangkan ia akan menjadi bahan lelucon di kota.
Selain itu ada bunglon yang beradaptasi dengan lingkungannya dengan menyesuaikan warna kulitnya seperti jika ia ada ditanah maka warna kulitnya akan berubah menjadi cokelat jika ia didaun maka kulitnya akan berubah hijau. Wah mudah ya? Maka dari itu kita harus bisa seperti bunglon yang mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Adaptasi adalah modal penting yang harus dimiliki setiap orang.
Jika kita tidak mampu beradaptasi kemungkinan besar kita akan terus-menerus merasa tak nyaman saat menjalani hidup, mengapa seperti itu? Karna ALLAH menciptakan manusia di dunia ini dengan perbedaaan. Apa tujuannya? Tujuannya adalah agar manusia saling memahami dan melengkapi antara satu dengan yang lainnya kemudian jika adaptasi telah terbentuk dan terlaksana maka tahap selanjutnya adalah sosialisasi. Yang kedua adalah Sosialisasi. Apasih sosialisasi itu? sosialisasi merupakan suatu proses pembentukan sikap atau perilaku seseorang yang memiliki rasa sosial tinggi terhadap pergaulan. Manusia terkenal sebagai makhluk sosial yaitu makhluk yang membutuhkan orang lain. Bahkan seseorang yang introventpun ketika darurat mau tidak mau ia pasti membutuhkan orang lain.
Dalam pergaulan biasanya terjadi karna adanya suatu hubungan interaksi individu dengan individu lainnya, individu dengan kelompok lainnya maupun kelompok dengan kelompok lainnya. Akan tetapi, pergaulan dapat diartikan pula sebagai suatu kebiasaan sosialisasi yang baik jika dimanfaatkan dengan baik tapi jika dimanfaatkan dengan buruk wah maka akan buruk pula hasilnya.
Namun mirisnya pergaulan saat ini telah disalahgunakan oleh sebagian besar kalangan remaja di zaman sekarang ini hingga, terjadilah pergaulan yang tidak sesuai dengan tujuan pergaulan itu sendiri. Maka terciptalah suatu perumpamaan yang kerap kita sebut pergaulan bebas. Pergalan bebas terjadi karna sosialisai yang dimanfaatkan dengan buruk.

#Maemunah asal Karawang, anak kelas IV muallimin, salah satu anggota QOLAMI