catatan santri

Dimana Ada Hasil Disitu Ada Usaha

Dunia yang begitu luas ini tidak ada sesuatu ataupun impian yang kita inginkan tanpa pengorbanan, karena mustahil tanpa ada usaha untuk meraihnyakarena untuk mencapai impian itu, jika usaha yang kita lakukan nol maka hasilnya akan nol. Dan ketahuilah bahwa menkmatan hidup itu terdapat dalam usaha sebagaimana mahfudzot menyebutkan. Yang artinya “Berusahalah karena hidup sesungguhnya kenikmatan hidup ada dalam usaha,” jika semasa hidup kalian tidak pernah berusaha maka selama itu pula kalian tidak merasakan nikmat kehidupan dan kalian tidak akan mendapatkan…

0
Read More

Hormatilah Gurumu

Matahari terbit dari sebelah timur cahayanya menyinari pesantren yang telah dibangun oleh seorang kiyai yang lumayan masyhur di daerahnya, nama Pesantren tersebut adalah TARBIYATUL MAHIR. Setiap tahunnya banyak anak-anak yang telah lulus SD masuk Pesantren itu mereka berbondong-bondong dan sama-sama meluruskan niatnya untuk mencari ilmu karena Allah. Pada suatu ketika Pesantren digegerkan dengan kedatangan nama Ahmad, karna dia memiliki kecerdasaan yang tinggi dan disanjung oleh semua orang yang ada didaerah tersebut. Tetapi Ahmad merasa kurang dengan ilmunya, akhirnya Ahmad pergi…

0
Read More

THE HESITANT FEELING

Keraguan muncul sebagai buah dari pemikiran negatif. Ragu merupakan keadaan hati yang tidak tetap di dalam mengambil keputusan atau pilihan. Ragu juga merupakan sikap bimbang serta kurang percaya diri dan sikap yang mencerminkan sebuah kebingungan di dalam membuat pilihan atau keputusan, adanya kegamangan di dalam melangkah untuk melakukan suatu hal, adanya perasaan takut salah juga takut gagal dalam mencapai apa yang diinginkannya. Setiap orang pasti pernah mengalami sebuah keraguan dalam hidupnya. Rasa ragu itu muncul sebagai akibat dari aktivitas berfikir…

0
Read More

Lalai Dalam Sholat

Teman-teman semuanya, yang dirahmati oleh Allah, saya mau nanya apakah kalian mampu melaksanakan sholat tepat waktu? Jujur saya sendiri tidak bisa melakukannya, karena kita semua pasti punya kesibukan masing-masing. Tapi teman-teman taukah kalian jika kita melalaikan sholat maka kita termasuk orang-orang yang lalai, contohnya jika sudah masuk waktu adzantetapi kita masih belum selesai dengan pekerjaan kita, dalam hati kalian berkata. Ah nanti aja, waktu sholat masih lama. Dikit lagi juga kelar Begitulah, kebanyakan orang suka menunda-nunda waktu untuk sholat, ia…

0
Read More

Manisnya Sabar

Sabar lagi sabar yang sering terucap bahkan terdengar ditelinga kita, sabar itu apa yah? ada yang tahu? sabar adalah menerima sesuatu dengan hati ikhlas, sifar SABAR bukankah, sudah tak asing untuk diucapkan dan didengar? Ya, sifat itu sering kali terucap dari lisan kita, tapi apakah hanya dalam perakataan atau dengan hati yang ikhlas pula? Tak sedikit dari kita yang hanya bersabar dalam lisan saja, dan tak banyak pula yang bersabar dengan hati ikhlas. Kita tahu bahwasanya sabar itu berat, sabar…

0
Read More

SENANG KETIKA DIPUJI

Hmmm.. Kira-kira siapa sih ya yang tidak merasa senang ketika dirinya dipuji? Pasti hampir 99% dari kita merasa senang ketika dipuji dan hampir 99% juga dari kita akan merasa dirinya paling baik jika dirinya dipuji. Ckcck padahal kalu trman-teman tau ya bahaya orang yang dipuji akan tumbuhnya sifat riya yang akan terus menerus mendarah daging ditubuh kita. Seperti yang telah diungkapkan Fudhail bin Iyadh, tokoh Salafush Shalih kepada mereka yang telah beribadah dan beramal shalil iblis akan unggul atas manusia…

0
Read More

Kunci Keberhasilan Dunia Akhirat

Sebagai manusia tentunya kita ingin hidup selamat di dunia dan di akhirat. Tapi semua itu tidak bisa didapatkan hanya dengan berangan-angan saja atau malas-malasan. Semua itu butuh tekad yang kuat dan kerja yang nyata yang membuat Allah ridho kepada kita. Abu Sulaiman Ad-Darani berkata: “1. Kunci kebaikan dunia dan akhirat adalah rasa takut kepada Allah SWT. 2. Kunci dunia adalah kenyang. 3. Kunci akhirat adalah rasa lapar”. Berkaitan poin yang pertama kunci kebaikan dunia dan akhirat adalah rasa takut kepada…

0
Read More

Ahli Penerbang Indonesia

B.J Habibie sebuah nama yang tak asing di negara indonesia, bahkan diluar negeri sekalipun. Karna kecerdasannya, karyanya, kesetiaan cintanya dan lain-lain. Beliau dikenal sebagai ahli penerbang karna kemampuannya membuat pesawat terbang. Dan belum ada tokoh indonesia yang mampu membuat pesawat terbang sebelum beliau. Walaupun beliau lama tinggal di jerman dan mempunyai karir yang besar disana, tetapi beliau rela meninggalkan karirnya dan kembali ke tanah air karna kecintaannya. Apa yang membuat saya begitu mencintai indonesia, dan berani meninggalkan karir di jerman?…

0
Read More

HIDUP TENANG HATI PUN SENANG

Hampir seluruh manusia ralat, kayaknya semua manusia deh yang hidup di muka bumi ini pasti mendambakan hidup dalam keadaan senyaman mungkin iya kan? So, gimana sih cara supaya hidup terasa nyaman dan bahagia? Setiap zaman memiliki keunggulan masing-masing nah, berhubung kita hidup di zaman globalisasi seperti sekarang ini apa sih yang kita butuhkan untuk hidup nyaman dan bahagia? Check it dout! Yang pertama adalah adaptasi. Apa sih adaptasi itu? Adaptasi merupakan suatu cara penyesuaian diri seseorang dengan lingkungan di sekitarnya.…

0
Read More

Troubel Santri

Kali ini ane akan ngasih kalian solusi gimana caranya ngadepin masalah dipondok? Anak Pesantren tuh pasti mempunyai masalah entah itu dari teman ataupun uang jajan dan yang lain-lainnya, dan dengan semua masalah itu kalian pasti merasa bingung bagaimana menghadapinya, apalagi anak yang baru masuk Pesantren. Dan jangan pernah kalian merasa menyesal karena sudah dimasukan kedalam penjara suci ini, kemudian kalian akan merasa. Kenapa sih kok ane yang harus dikasih ujian berat kaya gini, Itu namanya kalian lemah, kenapa karena Allah…

0
Read More
LOKASI KAMI
Pondok Pesantren Al-Hidayah Al-Mumtazah
Jl Wibawa Mukti 2 Gg.H.Longkot Rt.05/001 No.45 Jatiluhur Jatiasih Kota Bekasi 17425
Santri Berprestasi